Selasa, 01 Februari 2011

Bunga Malam


(Created by : Siti Nurlizah 036108025)

Bunga Sedap Malam merupakan salah satu bunga yang sering dijadikan sebagai bunga potong diberbagai toko bunga selama ini. Bunga ini berbeda dengan bunga lainnya, bunga ini akan mengeluarkan wangi yang sedap pada malam hari.


Harum Saat Malam Hari
Sesuai namanya dan merupakan salah satu keunikan dari bunga Sedap Malam, yaitu bunga ini akan mekar dan kemudian menebarkan aroma wanginya selalu pada malam hari. Setelah matahari condong, pasti aroma harumnya bisa langsung tercium. Begitu paginya, nanti aromanya akan hilang dan harum lagi pada malam harinya kembali.
Bunga ini hanya bertahan antara 4 - 5 hari saja setelah dipotong tetapi kekuatan wangi yang dikeluarkannya luar biasa.  Jika bunga Sedap Malam diletakkan di ruang tamu, seluruh ruangan pun akan ikut beraroma wangi. Bahkan, aromanya bisa menembus ke ruang-ruang lain di sekitarnya.
Selain itu, bunga Sedap Malam memiliki aroma paling kuat dibandingkan dengan bunga-bunga yang mengeluarkan aroma khas lainnya seperti misalnya bunga Mawar atau Lavender. Jika beberapa bunga diletakan sekaligus, aroma Sedap Malam lah yang paling mendominasi harumnya dibanding dengan bunga yang lainnya.
Bunga ini banyak diminati oleh masyarakat, tanpa membeli parfum, ruangan rumah akan terasa wangi dan segar. 

Merawat Bunga  Sedap Malam
            Karena wanginya yang memikat, setiap orang yang memeliharanya tak akan membiarkan bunga ini layu begitu saja tanpa perawatan. Untuk memelihara bunga sedap mala mini sebaiknya kita memilih bunga sedap malam yang masih segar, agar kita mendapatkan harum yang segar lebih lama.
Pilihlah bunga Sedap Malam yang berasal dari Bandung. Biasanya harumnya lebih tajam dan menarik. Pengaruh hawa Parahyangan mungkin saja menjadi penyebabnya.

Kuncup Sedap Malam pun cukup khas. Warna merah jambu mendominasi ujung bunga yang masih kuncup. Setelah itu, pastikan Anda tidak memilih bunga segar Sedap Malam yang sedang mekar semuanya. Pilihlah tangkai dengan bunga yang sudah mekar namun juga terdapat bunga yang masih kuncup.


Dengan demikian, kita bisa menikmati keharuman bunga segar Sedap Malam hingga seminggu ke depan. Kemudian. Dengan memotong bagian ujung bawah tangkai supaya bersih. Setelah itu, bunga untuk di simpan dalam vas kesayanga. Jangan lupa isikan air ke dalamnya supaya bunga terus segar. 

Bunga Pencemburu


Bunga ini dikategorikan bunga pencemburu, karena kecantikannya bunga sedap malampun tidak  mau ditandingin keharumannya oleh bunga-bunga yang lain. Karena jika bunga ini dirangkai dengan bunga lainnya, dia marah dan harumnya tidak mau keluar dan jika bunga ini tidak dirangkai dengan bunga lain, keharumannya keluar yang sangat menyegarkan.

Manfaat dan keunikan sedap malam
            Sedap malam lebih dikenal sebagai bunga hias. Wanginya yang sangat segar bermanfaat menenangkan hati orang di sekitarnya. Namun, sebenarnya bunga sedap malam punya sejumlah manfaat untuk kesehatan, mulai dari mengobati keluhan susah tidur, influenza, sampai rematik.
Selain untuk dinikmati sebagai pajangan di ruang tamu. Bunga sedap malam punya keunikan dan manfaat yaitu Salah satu keistimewaan bunga sedap malam adalah bunga ini dapat dimakan. Karena itu, selain digunakan sebagai hiasan dan pengharum ruangan, bunga sedap malam yang mampu membuat bulu kuduk berdiri karena bunga ini berguna juga menjadi berbagai jenis produk makanan.



Beberapa manfaat bunga sedap malam yaitu : untuk obat Katarak, radang mataBisul (Furunculus) dan Bengkak (Edema),Susah tidur, Meningkatkan stamina. Mempertajam penglihatan, Influenza, Radang tenggorokan, bau mulut, suara serak, sakit saat menelan makanan dan reumatik.
Itulah beberapa keunikan dan manfaat bunga sedap malam, kita sebagai penikmat tinggal melestarikan dan menjaga bunga sedap malam ini agar tetap bias dimanfaatkan.


























Tidak ada komentar:

Posting Komentar