Rabu, 02 Februari 2011

Kutu, Kecil Menjengkelkan

Eka Andrayani (036108046)

Makhluk satu ini memang  sangat menjengkelkan, siapa lagi kalo bukan si ‘kutu’ yang selalu membuat gatal rambut kepala. tidak hanya itu, makhluk kecil itu ternyata juga suka hinggap di bagian tubuh lainnya yang ditumbuhi rambut seperti ketiak, janggut, dada bahkan rambut kemaluan. Apa yang membuat kutu berada ditubuh kita?


Kutu rambut

Sang penghisap darah
Kutu kepala adalah sejenis parasit penghisap darah yang biasanya hidup dibagian kepala, di atas tengkuk atau dibelakang telinga. Termasuk parasit karena hidupnya tergantung dengan darah segar manusia yang masih hidup. dia menyerang manusia dengan bersarang dirambut. layaknya manusia Mereka minum darah kepala hingga 2-3 kali sehari.  menurut peneliti, Kutu akan mati dalam lingkungan yang terlalu dingin atau terlalu panas. Kutu rambut tersebut membutuhkan kondisi yang hangat untuk bertahan hidup. Sehingga tidak heran negara tropis menjadi surga para kutu.
Kutu memiliki bentuk yang sangat kecil sama seperti biji wijen, yaitu 3mm yg betina dan 1,5 mm yg jantan. Mereka bisa hidup hingga 6-8 minggu. Kutu merupakan serangga berwarna coklet terang. Bagian perut terdiri dari tujuh segmen, memiliki antenna yang bersegmen lima, mata dan mulut yang bermodifikasi untuk menusuk dan menghisap darah kulit. Enam kaki yang menyatu didada yang disertai cakar untuk berpegangan pada rambut tuan rumah mereka. Meskipun kutu rambut tidak menimbulkan masalah kesehatan serius, keberadaannya bisa sangat mengganggu dan menjengkelkan. Ia akan mengeluarkan bahan berupa saliva yg masuk ke kulit kepala setiap kali kutu menggigit yang menyebabkan reaksi alahan pada kulit kepala sehingga menimbulkan gatal terus-menerus di kepala.
Namun mereka sulit ditangkap karena bergerak cepat di kepala yang mudah ditangkap adalah telur kutu kecil, berbentuk seperti telur kosong dan terlihat seperti ketombe. Namun telur kutu biasanya masuk ke akar rambut. Kutu rambut juga sulit ditemukan karena warnanya sangat mirip dengan warna rambut.

Kawin yang Tragis
Kutu dewasa sering bersetubuh, dengan perkawinan yang terjadi saat  malam atau siang hari. Seorang perempuan muda jika kawin dengan enam atau lebih laki-laki akan mati dalam beberapa hari. betina hanya meletakkan satu telur setelah kawin, dan seluruh tubuhnya diwarnai dengan warna merah yang disebabkan oleh pecahnya saluran pencernaan selama tindakan seksual.
  
Perempuan di atas, dengan laki-laki di bawah , Pelebaran vagina betina telah terjadi, dan sang jantan  terletak di punggung.  Kandung laki-laki, yang berisi penis yang tepat  sepenuhnya dimasukkan ke dalam vagina. laki-laki dengan cakar khusus nya pada pasangan kaki pertama takik khusus pada pasangan kaki ketiga betina. 

Kutu betina mampu bertelur enam buah sehari. Telur ini selalu melekat dengan kuat pada rambut. lokasi yang kondusif untuk pengembangan telur dalam iklim dingin, telur biasanya diletakkan dalam 1 cm dari permukaan kulit kepala. Dalam iklim yang hangat, dan terutama daerah tropis, telur bisa 15 cm atau lebih ke bawah batang rambut. Untuk melampirkan setiap telur, betina dewasa mengeluarkan lem dari organ reproduksi nya, lem ini cepat mengeras menjadi sebuah "sarung nit" yang meliputi batang rambut dan seluruh telur
Telur-telur ini akan menetas setelah kurang lebih 8 hari. Dia bertelur dan telurnya itu lengket di rambut kepala dengan kokoh dan kenceng. Kutu-kutu tersebut akan bertelur berwarna abu-abu, selanjutnya kutu tersebut membuat terowongan atau lubang di kulit kepala. Telur-telur tersebut dapat menetas setelah 1 minggu. Kutu mulai meletakkan telur-telurnya setelah mereka berusia 2 minggu. Sehingga dalam waktu yang singkat saja seseorang telah memiliki ratusan kutu di kepalanya.




Ekspor kutu
Rambut berkutu? tidak usah malu, kutu dapat menyerang siapa saja yang tidak beruntung, bukan karena anda kotor atau malas mandi. Stigma yang kadang-kadang memang membuat orang berkutu menjadi malu. Padahal pada kenyataan nya bahkan di Eropa sekalipun rambut berkutu tetap dapat terjadi sekalipun sanitasi di negara tersebut jauh lebih baik dari Indonesia. Kutu rambut tesebut tidak suka terbang dan tidak dapat melompat. Mereka pindah dari kepala satu ke kepala yang lain saat dua kepala tersebut berdekatan, misalnya saat berjalan bersama-sama dengan pembawa kutu rambut atau melalui Sikat rambut, Perhiasan rambut, Topi, Tudung kepala, kasur atau seprei dan lain-lain. Tempat-tempat umum yang biasanya jadi tempat penularan kutu rambut adalah  sekolah, kolam renang, gedung gymastique atau senam, asrama, perkemahan dan lain-lain.
Kasus ternak kutu lebih banyak di derita oleh perempuan karena perempuan itu memiliki rambut yang rata-rata lebih panjang dan lebat ketimbang laki-laki (biasa, model). Jumlah kutu rambut, bisa dipastikan akan lebih banyak didapat pada rambut milik gadis yang bergaya seperti Nyai Blorong, ketimbang pada lelaki dengan model rambut cepak seperti pensiunan kolonel.

Penyerang sejati
Menghilangkan kutu di rambut seringkali dilakukan oleh para penderita, mulai dari penanganan alami seperti memangkas rambut sampai plontos dan sisir khusus  maupun menggunakan bahan kimia. sebagian orang masih menyukai cara alami untuk membasminya. Karena obat-obat kimia Selain tidak selalu efektif, karena Kenyataannya kutu-kutu tersebut mengalami resisten dengan berbagai produk kimia sehingga tidak jarang obat-obatan kimia tidak manjur, bahkan bahan kimia dapat memiliki efek samping bagi tubuh.
Jika ingin menghilangkan kutu di rambut, namun tidak ingin menggunakan obat berbahan kimia, alat hairdryer (pengering rambut) dapat digunakan. Gunakan selama 30 menit. Alat pengering rambut tersebut tidak perlu di stel dalam kondisi panas. Saat ini telah ada alat khusus yang disebut LouseBuster, namun cara kerjanya sama dengan hairdryer.
Kutu memang bukan ancaman besar bagi manusia. Namun menghindarkan kutu pada tubuh lebih baik dari pada tidak sama sekali. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk perawatan tubuh yang akan membuat tubuh kita selalu sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar