Selasa, 01 Februari 2011

DRAKULA PEMAKAN BUAH

OLEH  KARNIASARI







Hanya ada sedikit hewan yang sangat tergantung pada terbang dan bergerak seperti kelelawar.

Walaupun burung dan serangga juga terbang mereka dapat berjalan kalau perlu. tapi anggota tubuh dan kaki kelelawar tidak cock untuk berjalan.
Artinya mereka juga tidak dapat berdiri dengan baik. Jadi kelelawar perlu bertengger, cara termudah baginya adalah bergantung, dangan kepala di bawah. Kelelawar melakukan banyak hal yang sangat luar biasa. 



Kawanan pekerja malam
Kelelawar merupakan salah satu anggota mamalia yang termasuk ke dalam ordo Chiroptera yang berarti mempunyai “sayap tangan”, karena kaki depannya bermodifikasi sebagai sayap yang berbeda dengan sayap burung. Ordo Chiroptera merupakan hewan yang unik dan menarik karena merupakan satu-satunya mamalia yang memiliki kemampuan terbang, memiliki jenis pakan yang sangat bervariasi dan beristirahat dengan cara bergantung terbalik
Sayap kelelawar dibentuk oleh perpanjangan jari kedua sampai kelima yang ditutupi oleh selaput terbang atau patagium, sedangkan jari pertama bebas dan berukuran relatif normal. Antara kaki depan dan kaki belakang, patagium ini membentuk selaput lateral, sedangkan antara kaki belakang dan ekor membentuk interfemoral.


Tak buta dalam gelap
Pada siang hari kelelawar tidur dengan cara yang unik, yaitu bergelantung dengan posisi kepalanya berada di bawah, kedua sayapnya dilipat dan cakar kakinya mencengkeram pada tempat ia bergantung. Kelelawar terbang dan mencari makan pada malam hari. Pada saat terbang kelelawar tidak sepenuhnya menggunakan indra penglihatannya di kegelapan, tetapi ia memiliki indra khusus untuk mendeteksi keadaan di sekitarnya di saat ia terbang. Meskipun ia terbang tanpa menggunakan indra penglihatan sepenuhnya, tetapi ia tidak kehilangan arah dan menabrak sesuatu yang ada didepannya. Kelelawar dilengkapi dengan indra atau kemampuan lain disaat ia terbang dan mencari makan, yaitu dengan cara sesekali ia mengeluarkan bunyi ultra sonic. Ketika ia terbang, bunyi yang ia keluarkan akan memantul jika mengenai batu, serangga, pepohonan atau benda-banda lain yang berada di depannya. Kemudian gelombang bunyi tersebut akan memantul dan ditangkap oleh indra pendengaran kelelawar tersebut yang tergolong super peka dan super sensitif. Dengan cara seperti itulah kelelawar dapat terbang tanpa menabrak sesuatu dan dapat mencari makan walaupun pada malam hari dan dalam kondisi cahaya yang sangat minim.


Perzinahan dalam gua
Kelelawar berkembang biak sangat lambat, disamping masa bunting yang cukup lama 5-6 bulan juga jumlah anak per kelahiran sangat sedikit sehingga apabila jumlah kematian dan perburuan kelelawar lebih besar dari perkembangbiakan, maka populasi kelelawar akan menurun Estrus dan perkawinan terjadi di akhir musim panas dan awal musim gugur, setelah itu kelelawar yang termasuk tipe ini akan segera memasuki masa istirahat
Perkawinan merupakan tahap awal aktivitas reproduksi yang terjadi pada musim gugur, kemudian diikuti dengan ovulasi, konsepsi dan permulaan pembentukan embrio. Betina memasuki masa tidak aktif dalam keadaan bunting Kelahiran kelelawar muda terjadi sebelum awal musim hujan. Kelelawar muda tumbuh sangat cepat dan diasuh oleh induknya selama 2-3 bulan dengan cara digendong.


Drakula pemakan buah

Makanan utama spesies ini adalah serangga (insectivore) seperti belalang atau kupu –kupu. Disamping itu kelelawar ini juga memangsa sejenis kadal, reptil kecil, burung, ikan, dan rodensia kecil. Kelelawar ini diduga juga memangsa kelelawar sejenisnya


Hidup dalam kegelapan
Gua merupakan salah satu habitat tempat tinggal sebagian besar jenis kelelawar. Indonesia sangat kaya akan gua, Megaderma spasma  banyak ditemukan pada habitat seperti gua-gua, gedung-gedung,  rongga pepohonan dan atap-atap rumah sebagai tempat tinggalnya.


Kalelawar mungkin untuk sebagian orang termasuk hewan yang menggerikan, walaupun kelelawar menggerikan karena mempunyai gigi taring tetapi kelelawar memakan biji-bijian dan buah-buahan.

1 komentar:

  1. thx infonya ya :)
    akhinya aq bisa jawab pertanyaan muridq kenapa kelelawar tidur terbalik.
    good luck dengan blognya :)

    BalasHapus