Rabu, 02 Februari 2011

Pete Sang Penyelamat


Eka Andrayani (036108046)

M
enyebut namanya saja bagi sebagian orang akan merasa gengsi atau tidak suka dengan biji buah yang satu ini, karena kerap dianggap sebagai makanan orang kampung yang tidak berkelas. Dimana efek setelah mengkonsumsinya selalu memberikan efek bau mulut dan bau kentut yang membuat orang dengan sekejap menjauh. Namun siapa sangka dibalik semua itu tersimpan manfaat yang luar biasa bagi tubuh.

 Gizi Pete Sekelas Apel
            Pete di masyarakat sudah sangat terkenal khususnya dikalangan menengah kebawah karena kekhususan aromanya. Akibat dicap sebagai makanan orang kampung yang tidak berkelas, pete dipinggirkan. Padahal nilai gizinya sekelas apel, dibandingkan apel kandungan gizi didalam biji pete jumlahnya berlipat-lipat baik itu vitaminnya maupun sumber energinya. Misalnya protein, jumlahnya empat kali lipat, karbohidrat dua kali lebih banyak dan tiga kali fosfor serta lima kali vitamin A dan C.
            Dalam dunia tumbuhan, pete merupakan sejenis pohon yang hidup menahun dari keluarga polong-polongan (fabaceae). Pohon yang menjulang tinggi hingga 5-25 meter membentuk percabangan yang banyak dilengkapi daun-daun yang kecil berjumlah banyak tersusun sejajar bak pasukan bersenjata yang siap bertempur. Bunganya yang cantik tersusun dalam sebuah bongkol yang sering kali muncul didekat ujung ranting. Dalam satu bongkol dapat ditemukan buah yang berjumlah hingga belasan, dimana dalam satu buah terdapat sekitar 20 biji. Dapat dibayangkan dalam satu bongkol terdapat berapa jumlah biji pete. Banyak sekali bukan?
Berdasarkan jumlah biji pada polongnya tanaman pete dikelompokan kedalam dua golongan yaitu pete gajah (jangan dibayangkan binatang gajah pada umumnya) dan pete kacang. Dinamakan gajah karena ukurannya yang memang lebih besar dari pete kacang.  Pete gajah memiliki polong sepanjang 25-30cm dengan jumlah biji 15 atau lebih. Pete kacang ukuran polongnya lebih pendek dari pete gajah jumlah biji tiap polongnya antara 10-12 biji, ukuran bijinyapun lebih kecil.                         


Mengapa Bau?

            Bau tak sedap yang khas merupakan salah satu ciri napas dan urin penggemar fanatic pete. Di amerika pete terkenal sebagai the most horrible food in the word (makanan yang paling mengerikan  didunia)   lantaran baunya yang menusuk. Apa yang membuat pete baunya luar biasa?
            Sebelum pete di makan baunya tidak terlalu tercium namun setelah dimakan (dikunyah) baunya luar biasa. Penyebab hal itu sebenarnya adalah asam-asam amino yang terkandung didalam biji pete. Asam amino yang banyak terkandung adalah sulfur (S). Pada saat pete terpecah-pecah menjadi komponen yang lebih kecil asam amino itu akan menghasilkan berbagai komponen flavor yang sangat bau. Salah satu unsure yang terbentuk adalah H2S (hydrogen sulfida) yang terkenal sangat bau.
            Aroma yang ditimbulkan dari pete itu sebenarnya cukup mengganggu terutama bagi orang lain yang tidak ikut mengkonsumsi. Bagi yang mengkonsumsi, meskipun bau setidak-tidaknya sudah menikmati kelezatan pete. Namun bagi orang lain yang tidak ikut menikmati dan cuma kebagian baunya saja akan merasa sangat terganggu dengan napas dan air seni yang dikeluarkan para penikmat pete dikamar mandi saat buang air.
            Bila anda penggemar berat pete, tidak perlu berkecil hati. Meskipun belum memiliki bukti ilmiah secara pasti, menghindarkan bau pete dapat dilakukan dengan mengunyah sedikit bubuk kopi selama beberapa menit kemudian minum air putih dingin. Konsumsi mentimun dan proses pemasakan dengan panas juga sering dilakukan oleh ibu rumah tangga untuk mengurangi bau pete.    

Jangan Meremehkan Pete

            Biji pete memang sering kali menjadi menu makanan sehari-hari karena dapat meningkatkan selera makan. Pete dapat dimakan mentah menjadi lalap, direbus, digoreng atau dibakar, pete juga banyak dimanfaatkan sebagai penyedap makanan. Namun banyak diantara kita pasti belum mengetahui kandungan yang terdapat dalam pete.

            Didalam pete ternyata terdapat kandungan gula alami yaitu sukrosa, glukosa dan fruktosa dengan kombinasi serat. Kombinasi zat tersebut ternyata dapat menghasilkan stamina tenaga yang kuat. Riset membuktikan, mengkonsumsi dua porsi pete dapat menghasilkan tenaga yang cukup besar selama 90 menit, maka jangan heran jika para atlit top dan pekerja keras menjadikan pete sebagai menu favorit mereka.

           Penggemar pete kini dilegakan dengan berita yang sangat menyenangkan. Ternyata biji pete yang selama ini dihina sebagian orang ternyata memiliki khasiat yang penting untuk menyembuhkan berbagai penyakit, seperti menghilangkan depresi, PMS, menyembuhkan anemia, darah tinggi, lambung, sembelit, stroke dan lain sebagainya. Boleh dikatakan pete memang sang penyelamat hidup kita.
            Sebuah penelitian yang ditulis dalam jurnal berjudul The New England Joernal of medicine, menyebutkan bahwa mengkonsumsi pete sebagai bagian dari makanan sehari-hari akan menurunkan resiko kematian yang disebabkan penyakit stroke sampai 40 persen.
Begitu tingginya zat yang terkandung didalam pete, sehingga FDA Amerika mengizinkan perkebunan pete untuk melakukan klaim resmi mengenai pete ini untuk menurunkan resiko tekanan darah dan stroke. Luar biasa bukan?
            Stress merupakan penyakit yang banyak ditemui pada saat ini, aktivitas sehari-hari yang padat dengan tuntutan waktu kerja yang sempit membuat banyak masyarakat, mahasiswa dan pelajar mengalami penyakit stress yang dapat menurunkan kadar kalium dalam tubuh. Untuk mengatasi hal itu, segeralah mengkonsumsi pete setiap hari dengan porsi yang tidak terlalu berlebih, seperti yang dilakukan oleh 200 siswa di twickemham (Middlesex) yang mengalami stress saat menghadapi ujian. Mereka memakan pete pada saat sarapan, istirahat, dan makan siang. Pete yang mengandung kalium (mineral penting yang membantu untuk menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan tubuh) dapat membantu kemampuan otak dan belajar siswa. Riset membuktikan 200 siswa tersebut dapat menghadapi ujian dengan tenang dan mudah dan jauh dari tekanan dan stress.
Bisa jadi di masa depan pete akan menggantikan kedudukan cokelat sebagai makanan yang paling dicari saat orang stress.
            Sering kali kita merasa bad in the mood atau depresi, yang menandakan kita kekurangan gizi. Mood seseorang dikendalikan oleh otak yang kemampuannya tergantung dari asupan makanannya. Salah satu gizi yang berperan adalah triptofan, dimana triptofan terkandung dalam biji pete. Didalam tubuh, triptopan menghasilkan zat yang membuat tubuh merasa rilex dan bahagia, sehingga hanya dengan memakan pete kita akan selalu merasa bahagia dan terhindar dari depresi. Banyak budaya lain yang melihat pete sebagai buah dingin yang mampu menurunkan suhu tubuh dan emosi seseorang.
            Terdapat fakta unik mengenai kulit pete yang dapat menggantikan posisi krim gigitan nyamuk, hanya dengan menggosokan daerah yang terkena gigitan dengan bagian dalam kulit pete, banyak orang berhasil mengatasi rasa gatal dan bengkak karena gigitan nyamuk. Selain itu, pete juga dapat menolong orang yang ingin berhenti merokok. Dimana kandungan di dalamnya membantu tubuh cepat sembuh dari efek penghentian nikotin. Pete juga dapat digunakan sebagai obat mabuk, yaitu dengan milkshake pete yang dimaniskan dengan madu. Pete akan menenangkan perut dan dengan bantuan madu akan meningkatkan kadar gula yang jatuh, sedangkan susu akan memperbaiki kadar cairan dalam tubuh.
Nah sekarang telah diketahui besarnya manfaat dari pete, makanan yang sering mendapatkan ejekkan karena bau yang ditimbulkan dari memakan pete, ternyata hanya hal kecil dibandingkan dengan manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsinya. untuk itu, jangan ragu lagi untuk makan pete. Sudah saatnya pete menjadi menu favorit kita sekarang ini, dan Mengubah kata-kata yang sudah terkenal mengenai apel itu menjadi: “ A pete a day keeps the doctor away” (makan pete tiap hari akan menjauhkan anda dari dokter)

           

1 komentar: