Rabu, 02 Februari 2011

MATA RATUS ARGOS RAKSASA

Oleh: Dinda Purnama
Penampilan exotic dari burung merak memang tiada duanya. Untaian bulu-bulu penuh variasi warna laksana kipas memang menjadi ciri utamanya.


Gambar: Burung Merak
Ketika banyak orang mendengar tentang merak, hal pertama yang terlintas dalam pikiran adalah warna yang indah dari bulu burung ini. Biru, hijau, emas, dan penampilan dari apa yang tampak seperti mata, tepat di tengah beberapa bulu, adalah kelebihan dari burung ini.
*    Tentang merak  
Merak Biru atau Merak India, yang dalam nama ilmiahnya Pavo cristatus adalah salah satu burung dari tiga spesies burung merak. Burung merak adalah salah satu jenis burung terbesar. Merak sangat menarik perhatian orang di seluruh dunia. Burung megah ini tidak bermigrasi. Merak dibagi menjadi tiga kategori yang paling umum di antara mereka adalah Merak Biru, Merak Hijau, Merak Putih.
Mereka juga memiliki lambang, atau mahkota, di atas kepala mereka, membuat mereka terlihat lebih anggun. Paruh burung-burung merak memiliki rata-rata panjang satu inci.

Gambar: Burung Merak
Merak jantan mempunyai bulu ekor yang sangat indah, dapat direntangkan seperti kipas raksasa, pada bulu ekor yang direntangkan tersebut terdapat pola berbentuk bulatan seperti mata, yang tergambar indah. Burung merak betina tidak mempunyai bulu ekor panjang. Wama bulu pada mantel, leher dan dada berwarna hijau mengkilap. Bulu leher sampai kepala berwarna hijau seperti susunan genting. Di atas kepala agak ke belakang terdapat bulu yang bertangkai tersusun pipih.
*    Pesona kipas raksasa  
Ciri utama dari burung merak adalah bulu-bulu ekornya yang dihiasi dengan warna-warna yang sangat indah. Namun, hanya merak jantan yang mempunyai ekor sehebat itu. Dengan kepala dan leher birunya,  burung merak tampak lebih menarik.
          Apalagi ditambah denganb bulu-bulu hijau gemerlapan diekornya, membuatnya terlihat begitu indah. Bulu-bulu indah yang disebut “totol merak” ini mempunyai ujung bulat dengan bintik-bintik. Ia akan menunjukkan pesona yang sangat indah ketika mengembang atau mekar seperti kipas.

Gambar: Merak sedang Mekar
Namun, kalian tidak dapat selalu menyaksikan pemandangan yang mempesona ini. Kalian harus menunggu saat musim kawin merak. Karena, burung merak jantan hanya mengembangkan ekornya seperti kipas dan memperlihatkan keindahannya untuk menarik perhatian merak betina    
*    Merak yang berpologami
Burung merak hidup secara kelompok bersifat poligami dan terikat dalam suatu keluarga. Burung merak jantan suka memperagakan penutup ekornya yang dikembangkan atau bergantian mengusir jantan lain pada musim kawin. Pada musim berbiak, burung jantan memamerkan keindahan bulu ekornya di depan burung betina.  Bulu-bulu penutup ekor dibuka membentuk kipas dengan bintik berbentuk mata berwarna biru. Pada malam hari tidur di atas pohon gundul yang tinggi. Pada siang hari suka berjalan-jalan di tanah dan bertengger di atas dahan pohon yang gundul.

Gambar: Merak sedang kawin
Perkawinan merak berkaitan erat dengan musim penghujan, sekitar bulan Juni sampai Agustus. Merak betina membuat sarang diatas pohon atau di semak- semak belukar. Sarang dibuat dari ranting atau dahan-dahan kering. Merak betina meletakkan telur 3-5 butir dan dierami selama 28 hari.



*    Eyespots   

Gambar: Burung Merak
Merak adalah omnivora, makan rumput dan biji-bijian serta ular dan kadal kecil juga. Di India, burung merak yang terkait mitologi Yunani ini ‘eyespots’ itu dikatakan sebagai mata ratus Argos raksasa. Ketika musim hujan datang, merak, menari dalam hujan, memikat semua dengan bulu yang elegan, membentuk tampilan yang spektakuler.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar