Selasa, 01 Februari 2011

Dibalik Duri Terselip keunikan


Oleh : Puji Astuti Hanafi



Bulu babi merupakan salah satu komoditas hasil perairan yang telah dimanfaatkan sebagai salah satu bahan pangan. Bagian dari bulu babi yang biasa dimanfaatkan adalah gonad atau telurnya, baik gonad jantan maupun gonad betina. Bulu babi beraturan mempunyai lima gonad yang tergantung sepanjang bagian dalam interambulakral pada daerah aboral. memiliki duri yang sangat tajam untuk melindungi dirinya dari mangsa. berpotensi besar untuk membudidayakan jenis ini. Menurut Laode M Aslan, ada 3 jenis yang dapat dikembangkan di Indonesia yakni dari jenis Echinometra spp., Tripneustes gratilla, dan Diadema setosum. Ketiga jenis bulu babi ini selain pertumbuhannya cepat juga mampu menghasilkan gonad yang lebih besar dibandingkan jenis bulu babi

Bangsa Bulu babi



Bulu babi termasuk Filum Echinodermata, bentuk dasar tubuh segilima. Mempunyai lima pasang garis kaki tabung dan duri panjang yang dapat digerakkan. Kaki tabung dan duri memungkinkan binatang ini merangkak di permukaan karang dan juga dapat digunakan untuk berjalan di pasir. Cangkang luarnya tipis dan tersusun dari lempengan-lempengan yang berhubungan satu sama lain.  
Hewan yang memiliki nama Internasional sea urchin atau edible sea urchin ini tidak mempunyai lengan. Tubuhnya umumnya berbentuk seperti bola dengan cangkang yang keras berkapur dan dipenuhi dengan duri-duri. Durinya amat panjang, lancip seperti jarum dan sangat rapuh. Duri-durinya terletak berderet dalam garis-garis membujur dan dapat digerak-gerakkan, panjangnya dapat mencapai ukuran 10 cm dan lebih. Penyelam yang tidak menggunakan alas kaki mudah sekali tertusuk durinya sehingga akan sedikit merasakan demam karena bisa pada duri tersebut, racunnya sendiri dapat dinetralisir dengan amonia, perlakuan asam ringan (jeruk lemon atau cuka). Berdasarkan bentuk tubuhnya, kelas Echinodoidea dibagi dalam dua subkelas utama, yaitu bulu babi beraturan (regular sea urchin) dan bulu babi tidak beraturan (irregular sea urchin) dan hanya bulu babi beraturan saja yang memiliki nilai konsumsi .

Karakteristik Reproduksi 
Landak Laut secara seksual reproduksi organisme jutaan Pertama telur yang dilepaskan oleh kaum wanita dan mereka bersatu dan menyatu dengan sperma yang dikeluarkan oleh laki-laki Penyatuan telur jelly berlapis dan sperma kecil biasanya terjadi di luar tubuh betina, Namun pada beberapa kasus yang jarang terjadi pembuahan akan berlangsung dalam tubuh betina Setelah pembuahan gamet terjadi, larva terbentuk.
larva ini juga dikenal sebagai pluteus. Jenis kelamin larva adalah mustahil untuk membedakan sampai sendiri mulai untuk melepaskan baik telur atau sperma selama dewasa nya.
 Ukuran rata-rata telur yang bulu babi betina menghasilkan sekitar 100-150 mikron, dan ukuran rata-rata sperma adalah sekitar 1 × 5 mikron ditambah ekor waktu bahwa dewasa bulu babi mulai. mereproduksi adalah selama usia 2-5 tahun. 

Masa Hidup Bulu Babi
 (Strongylocentrotus franciscanus) yang sejak lama dianggap sebagai momok di lautan. Karena makan tumbuh-tumbuhan di bawah air dan banyak orang yakin hewan inilah yang bertanggung jawab atas kerusakan ekosistem laut. Tidak heran bila banyak orang berusaha meracuninya, ternyata dalam penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa bulu babi merah tumbuh jauh lebih lambat dari perkiraan semula, namun hidup lebih lama dibanding dugaan awal. Mereka tidak sekedar mencapai umur tujuh hingga 15 tahun seperti diperkirakan, tapi bisa mencapai 200 tahun lebih 
            Lebih menarik lagi, hewan-hewan lanjut usia itu sama sekali tidak menunjukkan tanda-tanda uzur. Menurut Dr Albert dalam kompas.com, walaupun mereka bisa mati karena serangan hewan pemangsa, penyakit tertentu, atau ditangkap nelayan, namun hewan-hewan ini tidak menunjukkan tanda-tanda ketuaan lanjut. Bukti-bukti menunjukkan bahwa bulu babi merah berusia 100 tahun tidak begitu berbeda dengan yang berumur 10 tahun. 
Kenyataan mengindikasikan bahwa semakin dewasa bulu babi merah, maka makin produktif mereka menghasilkan sperma dan telur. Hewan ini juga masih mampu berkembang biak walau usianya sudah amat tua. Di antara hal-hal lain, data radio karbon juga menunjukkan bulu babi merah memiliki pertumbuhan yang nyaris tidak terlalu dipengaruhi kondisi laut dan variabel lain. Meskipun biota ini adalah invertebrata, namun pada level genetik biota ini mempunyai kesamaan lebih dari 7000 gen dengan manusia. Hal yang sangat menakjubkan adalah meskipun tidak mempunyai mata, telinga dan hidung, tetapi biota ini indra untuk melihat, mendengar dan mencium, dari gen manusia yang dimilikinya.



 Gb. Landak laut merah

Hal yang menguntungkan juga dengan menggunakan bulu babi adalah proses reproduksi yang cepat dari biota ini, sehingga jumlah sample juga tidak menjadi masalah. Maka akan mendukung penelitian berjalan dengan cepat.

Mengurangi Rasa sakit

Rendam luka dengan air hangat. Sedangkan duri yang masih menempel akan sulit dicabut, karena duri tersebut sangatlah rapuh.  solusi yang terbaik adalah dengan menumbuk bagian yang tertusuk, sehingga duri yang menempel hancur dan larut dalam darah. Solusi yang lain untuk menetralisir racun dari sea urchin adalah dengan amoniak. Namun sangat sulit menemukan amoniak saat menyelam atau di sekitar daerah pesisir. Tapi biasanya orang banyak menggunakan cairan urine untuk menetralisirnya. karena urine mengandung amoniak.

Sebenarnya, seperti yang dikatakan oleh beberapa ahli medis kelautan, anti body manusia sudah cukup untuk menetralisir racun yang terdapat pada sea urchin. Jadi jangan terlalu panik dengan keberadaan Sea urchin ini

Keunikan yang memberi manfaat



Hewan unik ini juga memiliki kaki tabung yang langsing panjang, mencuat diantara duri-durinya. Duri dan kaki tabungnya digunakan untuk bergerak merayap di dasar laut. Ada yang mempunyai duri yang panjang dan lancip, ada pula yang durinya pendek dan tumpul. Mulutnya terletak dibagian bawah menghadap kedasar laut sedangkan duburnya menghadap ke atas di puncak bulatan cangkang. Makanannya terutama alga, tetapi ada beberapa jenis yang juga memakan hewan-hewan kecil lainnya 
Bulu Babi (sea urchin), Bentuk tubuh biota ini bulat tanpa lengan dan dipenuhi duri-duri yang menutup seluruh tubuh. Bulu babi ini umumnya berwarna hitam dengan duri-durinya yang panjang dan beracun, duri-duri ini mudah sekali patah, jika terinjak kaki telanjang ujung duri akan menusuk telapak kaki dan menimbulkan rasa sakit dan bengkak. Karena tersusun dari bahan kapur, duri itu mudah terlarut dalam darah jika dihancurkan dengan memukul-mukul telapak kaki yang terkena dengan menggunakan benda keras.
Disamping itu, duri-duri bulu babi memiliki fungsi sebagai pertahanan diri dan untuk menangkap mangsanya, berupa ikan-ikan kecil. Echinodermata dimanfaatkan oleh manusia sebagai Makanan Misalnya telur landak laut yang banyak dikonsumsi di Jepang dan keripik serta Bahan penelitian mengenai fertilisasi dan perkembangan awal. memiliki khasiat besar bagi kesehatan tubuh manusia seperti meningkatkan stamina dan libido. mengandung protein dalam jumlah yang sangat besar, yakni mencapai sekitar 80 persen. Kandungan bulu babi yang telah diekstrak dicobakan pada hewan mencit (tikus). Mencit yang diberi makan bulu babi ternyata memiliki kandungan hormon testosteron hampir sama dengan mencit yang disuntik hormon testosteron.
            Dengan demikian hewan yang begitu menyakitkan sekalipun ini memiliki suatu keunikan dan manfaat dibalik duri serta racunnya. Hewan unik ini harus kita lestarikan selain bentuknya yang menggemaskan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar