Jumat, 28 Januari 2011

sarang walet penghasil uang


oleh : Dianita ery prasiska

Semua pasti sudah tahu sarang burung walet, kenapa ya sarang burung walet kok bisa mahal. Padahal di sarang itu kan tempatnya burung walet berliur, air liur aja kok muahal. Klo air liur manusia  kok ga laku yah hehe. Sebenere apa toh hebatnya sarang burung walet ?, sampai - sampai menu berbahan sarang burung walet menjadi menu yang cukup spesial dan mahal tentunya. burung wallet merupakan burung pemakan seranga yang bersifat aerial dan disuka meluncur.burung ini berwarna gelap terbangnya cepat dengan ukuran tubuh sedang dan memiliki sayap berbentuk sabit yang sempit dan runcing.kakinya begitu kecil bgtu juga paruhnya dan jenis burung ini tidak pernah hinggap di pohon .

 Musim hujan musim kawin
 
                                                                    Burung walet
            Musim kawin burung walet terjadi disaat musim hujan tiba dikarenakan ketersediaan pakan walet yaitu serangga sangat banyak dan berlimpah sehingga anak burung walet akan terjamin kelangsungan hidupnya.   Walaupun koloni burung walet tinggal di rumah burung walet tetapi burung walet tidak akan melangsungkan perkawinan dengan saudaranya sendiri, karena kalau hal tersebut terjadi maka kualitas anakan tidak bagus bahkan terjadi cacat. Dengan demikian maka burung walet akan
            mencari pasangannya dari rumah burung walet yang lain atau yang tidak satu turunan dengannya.
Pada saat masa perkawinan tiba burung walet biasa melakukan perkawinan di atas udara. Salah satu dari sepasang burung ini terbang di depan lawan jenisnya dan tiba-tiba menahan sayapnya membentuk sudut besar horizontal atau bahkan vertical. Burung ini akan terbang normal dengan posisi terbang pejantan di atas dan betina terbang agak dibawah. Kemudian burung jantan langsung hinggap di punggung burung walet betina tersebut dan sepasang burung ini akan membentangkan sayap dan ekornya selama terjadi perkawianan. sayapnya setelah beberapa detik mereka kembali berpisah.

Musuh dalam selimut
Cicak dan tokek merupakan musuh besar burung walet binatang ini memakan telur dan sarang walet .tokek dapat memakan anak burung walet kotoranya dapat mencemari raugan dan suhu yang di timbulkan mengangu ketenangan burung walet
Cara pemberantasan dengan di usir di tangkap sedangkan penangulanganya dengan membuat saluran air di sekitar pagar untuk penghalang tembok bagian luar dibuat licin dan di cat dan lubang – lubang yang tidak di gunakan di tutup.

Penghuni gedung tua

                                                                 Gambar rumah walet
Walet mempunyai habitat di daerah gelap daerah yang tidak terjangkau paparan sinar matahari dengan suhu yang relatif stabil Umumnya, burung walet banyak dijumpai di dalam gua-gua alam yang dikelilingi hutan lebat.
Air liur yang berubah menjadi sarang
                                                                  Sarang burung walet
Sejak  awal  musim  hujan,  alam  menyediakan makanan  yang  cukup  berlimpah  bagi  burung  walet Karena  persediaan  makanan  cukup,  dalam  badan walet  terjadi  peningkatan  aktivitas  biologis  yang dapat  berkembang  kearah  pelestarian,  yaitu  aktivitas  burung  untuk  beregenerasi.  Aktivitas alami  ini  akan  rneningkatkan  produktivitas  air Iiur  (bahan  pembuat  sarang),  sementara  itu  bagi burung pembuatan sarang akan lebih mudah di bandingkan di musim kemarau maka burung yang di hasilkan dimusim hujan akan terlihat lebih sempurna,ukuran mangkokan terlihat besar,serat lebih nyata dan rongga-rongga serat sarang lebih rapat karena air liur tidak cepat mengering. Dalam membuat sarang, burung walet memang ga bisa di sembarang tempat. Biasanya dia mencari tempat yang minim cahaya, sekarang sudah banyak kita jumpai beberapa orang yang bikin bangunan besar dan tertutup semua, cuma hanya ada lubang - lubang kotak yang ga gitu besar. Ternyata untuk
membudidayakan sarang burung walet, burung walet sendiri dalam membuat sarangnya butuh waktu sekitar 33 - 41 hari bahkan saat musim kemarau bisa sampai 80 hari. Selain butuh waktu  lama dalam prosesnya pembuatannya yang bikin mahal , hebatnya sarang burung walet merupakan sumber asam amino yang lengkap, sekitar 17 asam amino essensial, semi essensial dan non essensial terdapat dalam sarang burung walet . Berdasar penelitian, asam amino tersebut dapat menjadi nutrisi pelawan stroke dan kanker.
Bukan cuma itu, kandungan mineral dalam sarang burung walet juga sangat ampuh dalam mendukung aktifitas tubuh. Terdapat 6 mineral yang terkandung dalam sarang burung walet, yaitu kalsium, zat besi, phospor, kalium dan natrium. Sarang burung walet juga mengandung protein yang berbentuk glikoprotein, dimana protein ini dapat membantu membentuk sel - sel dan jaringan baru dalam tubuh serta berperan aktif dalam metabolisme tubuh. Sarang burung walet juga di percaya dapat meningkatkan vitalitas, membuat awet muda, menjaga kecantikan dan meningkatkan daya tahan tubuh
Dengan demikian sarang burung wallet banyak di temukan di rumah yang tidak berpenghuni sarang burung walet, burung walet sendiri dalam membuat sarangnya butuh waktu sekitar 33 - 41 hari bahkan saat musim kemarau bisa sampai 80 hari. Selain butuh waktu  lama dalam prosesnya pembuatannya yang bikin mahal , sarang burung walet mahal, kandungan nutrisinya hebat dan ga mudah juga dapetinnya.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar